Media
RADIO
Radio adalah media dengan target audience yang sangat segmented, contoh radio prambors targetnya adalah wanita, umur sekitar 26 - 35 tahun, tinggal di kota " jakarta ", biasanya wanita yang baru bekerja / fresh graduate, eksekutif muda levelnya manager keatas.
Setiap radio memiliki kepribadian yang berbeda meskipun memiliki demografi dan psikografi yang sama. hal ini terjadi karena radio menyjikan isi yang berbeda - beda, ada radio yang khusus hanya memutar musik - musik jazz, pop, old song dn sebagainya. radio dapat juga membangun citra yang salah apabila copy tidak mampu membangunnya dengan baik.
Sebagai " theater of mind " radio memiliki tingkat interpretasi yang tinggi dibanding media lain. sehingga apabila suatu komunikasi berhasil melalui radio kemungkinan keterlibatannya bisa sangat baik karena sesuai dengan prinsipnya yg theater of mind orang berimajinasi untuk menangkap pesan yang disampaikan tersebut.
source : penyusunan program periklanan, mba Vasthi.
Radio adalah media dengan target audience yang sangat segmented, contoh radio prambors targetnya adalah wanita, umur sekitar 26 - 35 tahun, tinggal di kota " jakarta ", biasanya wanita yang baru bekerja / fresh graduate, eksekutif muda levelnya manager keatas.
Setiap radio memiliki kepribadian yang berbeda meskipun memiliki demografi dan psikografi yang sama. hal ini terjadi karena radio menyjikan isi yang berbeda - beda, ada radio yang khusus hanya memutar musik - musik jazz, pop, old song dn sebagainya. radio dapat juga membangun citra yang salah apabila copy tidak mampu membangunnya dengan baik.
Sebagai " theater of mind " radio memiliki tingkat interpretasi yang tinggi dibanding media lain. sehingga apabila suatu komunikasi berhasil melalui radio kemungkinan keterlibatannya bisa sangat baik karena sesuai dengan prinsipnya yg theater of mind orang berimajinasi untuk menangkap pesan yang disampaikan tersebut.
- Beberapa klien tidak menganggap iklan radio itu penting ketimbang iklan cetak. kalaupun ingin beriklan di radio biasanya klien memakai biaya sisa " biaya promosi "
- persepsi bahwa tidak semua produk dapat dibuat dalam iklan radio sementarahal bergantung pd kreatifitas dalam berkomunikasinya. contoh menarik iklan sunsilk, dalam iklannya tidak ada dialog dengan pemirsanya secara langsung tetapi target bisa memahami bahwa iklan tersbut berbicara masalah rambut panjang dan sebagainya.
- konsentrasi pendengar terhadap iklan radio cenderung tidak 100% karena mereka akan melakukan hal lain misal sambil menyupir, mencuci baju, memasak, dsb.
- Voice talent
- Musik : stok musik ataupun lagu yang telah tercipta sebelumnya seperti ciar bank
- Sound effect ( sfx ) umumnya PH sudah menyiapkan
- Editing dan mixing
- Waktu tayang : ada prime time dan reguler time waktu primetime lebih mahal ketimbang regular time karena pada waktu ini banyak audience yang sedang menikmati tv
- Dengan biaya yang murah dibanding iklan yang lainnya. maksimalisasi iklan radio sangat menguntungkan untuk meningkatkan kekuatan brand.
- Musik dan voice talent yang kuat bisa digunakan terus - menerus.
- Buatlah hanya 1 ide dan 1 pesan saja sehingga komunikasi menjadi fokus, gunakan bahasa yang jelas, artikulasi yang mantap, musik, dialog yang baik, dan semuanya harus saling mendukung sehingga bisa saling berintegrasi dan menghasilkan pesan yang kuat dan mudah diingat.
- Stoping power dalam iklan radio sangatlah penting
- Setelah membuat naskah bacalah keras - keras dan perhitungkan waktunya sehingga pesan bisa diterima dengan baik.
source : penyusunan program periklanan, mba Vasthi.
0 Responses to "Media"
Leave A Comment :